Recent Posts

Lompat batu – atraksi unik, langka dan hanya terdapat di Pulau Nias, Indonesia.

atraksi lompat batu di pulau niasSatu atraksi yang sudah banyak dikenal di indonesia dan sudah di kenal oleh dunia adalah atraksi lompat batu. Salah satu atraksi unik serta keberadaannya yang sangat langka dan hanya dapat ditemukan di Pulau kecil sebelah barat pulau sumatera, Indonesia. Pulau itu adalah pulau nias dengan berbagai daya tarik wisata yang ada dan salah satunya ialah Lompat batu.

Apa itu lompat batu??

Bagi mereka yang sudah pernah menyaksikan atraksi ini bukan suatu hal yang baru bagi mereka. Sebuah Atraksi yang mempertontontokan bagaiamana keahlian pemuda nias melompat batu dengan ketinggian  2 meter 10 cm dan dengan ketebalan batu sekitar 40 cm.

Tinggi bukan?

Pasti iya, mudah gak melompatinya??

Itu yang menjadi rahasia dari atraksi ini. Atraksi unit pulau nias ini sudah menjadi adat masyarakat nias secara turun temurun. Belum ada yang tahu umur tradisi lompat batu namun dipercayakan jika tradisi ini sudah ada sejak zaman megalitik di pulau nias.
Bagaimana teman teman? Apakah atraksi ini menarik minat kalian untuk menyaksikannya. Bukan sedikit orang yang menonton atraksi ini, banyak wisatawan lokal terlebih lebih wisatawan luar negeri yang sudah tidak bisa lagi dihitung jumlahnya.
Harta warisan kebudayaan masyarakat nias ini sejak dari dulu dan sampai sekarang dilakukan oleh para pemuda desa di pulau nias.
Teman teman pasti penasaran bagaimana sejarah lompat batu?
Bukan suatu rahasia lagi, jika lompat batu ini ada karena kebisaan masyarakat nias yang berperang antara desa dengan desa. Kebiasaan ini bukan hanya di Nias, tapi sebelum negara Indonesia terbentuk orang orang pada zaman dahulu memiliki kebiasaan seperti ini.

Nah, kembali pada sejarah lompat batu, dulunya untuk melindungi desa mereka dari serangan musuh maka masyarakat yang tinggal di setiap desa itu mendirikan benteng pada setiap batas wilayah desa mereka dengan bambu setinggi sekitar 2 meter. Tujuan mereka mendirikan benteng ini ialah selain supaya musuh tidak mudah menyerang mereka, bisa juga menambah rasa keamaan bagi masyarakat lain yang tidak bisa melindungi dirinya.

Bagaimana cara mereka untuk masuk kedalam desa musuh yang akan diserang? Maka mereka harus melompat melewati benteng kemudian berperang. Itu tujuan mengapa lompat batu ini dibuat oleh para nenek moyang orang nias.

Selain itu, ukuran kedewasaan seseorang pada zaman dulu di pulau nias tidak dilihat dari umur melainkan dengan melompati batu itu. Jika seseorang sudah berhasil melompati batu setinggi 2 meter 10 cm  maka pemuda itu dinyatakan sudah dewasa serta bisa menjadi prajurit desa.

Sebagai tambahan informasi, awalnya lompat batu bukan menggunakan batu melainkan dengan kayu. Namun karena umur serta kekokohannya tidak begitu baik maka diganti dengan batu.

atraksi lompat batu di pulau nias

Berapa lama pemuda nias bisa melompat batu??


Nah, ini pertanyaan yang akan ada dibenak para pembaca. kemampuan pemuda-pemuda melompati batu ini bukan hal yang mudah. Seorang pemuda nias harus sudah berlatih sejak kecil yaitu bisa dimulai sejak umur 10 tahun. Tidak mudah untuk melompat batu dengan ketinggian lebih 2 meter. Anak anak nias harus belajar melompat pada tahap ketinggian terendah sampai pada tingkat ketinggian maksimal yaitu 2 meter lebih.


Bagi wisatawan yang mau berkujung ketempat ini, lompat batu dilakukan oleh beberapa pemuda desa. Dengan sebuah batu tumpuan kaki bagi mereka kemudian kalian akan melihat kumpulan laki laki muda dan tampan mengambil ancang ancang dari jarak sekitar 20 meter. Mereka melompat secara bergiliran dan sungguh pemandangan yang luar biasa bila kalian melihat seseorang yang sedang melompat bagaikan terbang diatas sebuah batu.
Lompat batu – atraksi unik, langka dan hanya terdapat di Pulau Nias, Indonesia. Lompat batu – atraksi unik, langka dan hanya terdapat di Pulau Nias, Indonesia. Reviewed by Unknown on 9:09 AM Rating: 5

1 comment:

Home Ads

http://catatanrelis.blogspot.co.id/. Powered by Blogger.